Microsoft mengatakan Windows 8.1 akan hadir gratis untuk pengguna existing pada 18 Oktober mendatang.

Versi update ini akan fokus pada pengembangan kenyamanan substansial dengan antarmuka ramah seperti gerak multitasking yang diperbaharui dan tombol Start yang lebih baik.

Windows 8.1 akan diluncurkan pertama kalinya secara gratis. Meski perusahaan itu telah mewacanakan update "Service Pack" yang isinya perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Berdasarkan laman CNN Money, ada sejumlah alasan mengapa Microsoft menggunakan cara ini untuk versi pembaruannya.

Pembaruan software kini bisa lebih konsisten dan efektif menjangkau konsumen lewat Internet. Akan masuk akal untuk mengeluarkan upgrade dan pengembangan saat sudah siap ketimbang harus menunggu rilis yang besar setiap tiga hingga lima tahun.

Sejak Microsoft memposisikan diri untuk menjadi perusahaan berbasis perangkat dan layanan, maka mereka akan lebih ketat mengontrol Windows 8 ini.

Cara yang paling mudah untuk menjangkau masyarakat adalah dengan memberikannya secara gratis.

Mungkin terlihat aneh saat Microsoft memberikan begitu saja sistem operasi PC yang paling didominasi pasar dunia itu secara gratis, terlebih saat Apple masih mematok biaya untuk sistem operasinya.

Namun, waktu kini berubah. Versi update sistem operasi mobile kini selalu gratis, dan Microsoft membangun WIndows 8 bisa dipakai di tablet seperti halnya komputer. Membebankan biaya pada update tambahan akan menghalangi sebagian besar pengguna perangkat Windows 8 untuk pemperbarui perangkat lunak perangkat.