Jumat, 30 Mei 2014

Teori Organisasi Umum 2 ( Tugas 3 )



1.Jenis-jenis pasar :
·         Pasar Persaingan sempurna : sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
·         Pasar Monopoli : suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
·         Pasar Monopolistis : salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
2. Pengertian dan konsep konsep pendapatan nasional :
·         Perputaran roda perekonomian : Pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara yang kadang di atas dan di bawah .
·         Metode Perhitungan Pendapatan Nasional : Pertumbuhan ekonomi suatu negara biasanya dihitung berdasarkan pertumbuhan ril dari GDP negara tersebut, yakni seberapa besar GDP negara bertambah secara ril dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ini dihitung dengan cara membagi nilai dari output suatu sektor ekonomi pada tahun tertentu dengan nilai output sektor tersebut pada tahun sebelumnya dan dikali 100 % kemudian dikurangi 100.

·         Masalah dan keterbatasan perhitungan PDB :Permasalahan PDB terletak pada pembandingan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun , akan terjadi bias jika kita salah menggunakan perhitungan PDB .

·         Keterbatasan Perhitungan PDB  : PDB tidak memasukan memasukan transaksi yang terjadi pada “underground economy” (perekonomian bawah tanah). Perekonomian seperti sektor informal atau sektor illegal seperti penjualan narkoba , dan sektor lain yang sulit tercatat oleh negara tidak masuk dalam perhitungan PDB . Ini menyebabkan nilai PDB cenderung dapat undervalued (lebih rendah) dari yang seharusnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar