1.Pengertian permintaan dan penawaran
- Permintaan : jumlah barang/jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen pada
berbagai tingkat harga dalma jangka waktu tertentu dengan menganggap
factor yang mempengaruhinya konstan/tetap .
- Penawaran : ejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
2. Hukum Permintaan dan penawaran
- Hukum Permintaan : apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan "
- Hukum Penawaran : bila harga tingkat mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik,dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun
3a. Faktor – faktor yang mempengaruhi Permintaan :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif
- Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
- Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat
- Jumlah penduduk
3b. Faktor – faktor yang mempengaruhi Penawaran
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang-barang lain
- Biaya produksi
- Tujuan-tujuan perusahaan
- Pajak
- Tingkat teknologi yang digunakan
- Perkiraan harga barang di masa datang
4. Penentu harga keseimbangan
- Harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.
5. Pendekatan perilaku konsumen
- - Pendekatan kardinal : daya guna dapat diukur dengan satuan uang atau utilitas, dan tinggi
rendahnya nilai atau daya guna tergantung kepada subyek yang menilai.
- - Pendekatan ordinal : pendekatan yang daya guna suatu barang
tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan
tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar