Senin, 08 Oktober 2012

Modus Penculikan anak

 ISU PENCULIKAN ANAK .



BAGAIMANA isu penculikan manusia untuk diambil organ tubuhnya bisa menyebar dengan cepat? Dari penelusuran Tribun, selebaran yang diketik di kertas folio tersebut dibagikan di sekiytar sekolah di kawasan pinggiran Kota Makassar.
Selebaran yang di bagian atasnya bertuliskan Polsekta Palu, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) berisi peringatan seputar aksi penculikan yang berlangsung di Palu.
Selain menyebut dengan jelas kendaraan yang digunakan seperti mobil Toyota Avanza, sepeda motor Yamaha Mio, dan sepeda motor Honda Revo, selebaran juga memuat tulisan Kapolsekta Palu.
Sejumlah selebaran dibagikan di sekitar Kecamatan Tallo, Bontoala, Manggala, dan Tamalanrea. Kertas tersebut dibagikan kepada pedagang makanan yang biasa mangkal di dekat sekolah.
"Saya dikasi selebaran dari pedagang bakso yang biasa jualan di depan sekolah. Katanya dia dikasih sama dua orang yang naik sepeda motor bebek," kata seorang siswi SMP Negeri 4 Makassar.
Namun selebaran tersebut tidak dibagikan di sekolah-sekolah favorit, termasuk sekolah swasta seperti Sekolah Islam Athirah, Sekolah Nusantara, dan SMP Negeri 6 di Jl Ahmad Yani.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Polisi Dewa Persana menegaskan, SMS dan selebaran yang soal penculikan anak dan organ-organ tubuh yang sebut bersumber dari Palu adalah rumor dan tidak memiliki latar belakang fakta.
Mantan Wakapolda Sulteng ini meminta warga untuk tidak lagi
menyebarluaskan SMS itu secara berantai. Pengganti Brigjen Pol Amin Saleh ini juga meminta media massa, pemerintah daerah, khususnya guru dan orangtua siswa untuk memberikan penjelasan bahwa SMS itu tidak benar sama sekali."Ingatkan warga, jangan lagi itu disebarluaskan ya," katanya.

 Sebelumnya, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kota Palu, Ajun Komisaris Polisi Darno juga membantah ada selebaran dan SMS peringatan adanya penculikan disebarkan dari Polresta Resort Palu



DAMPAK ISU PENCULIKAN .


Isu penculikan anak-anak memakan korban. Salah seorang pria yang belum diketahui identitasnya tewas dengan kondisi mengenaskan setelah dikeroyok massa di jalan poros Makassar-Malibo, Bontomarannu, Gowa .
Korban yang menggunakan mobil Toyota Avanza berwarna hijau dicegat warga karena dicurigai sebagai pelaku penculik. Tanpa banyak tanya, ratusan warga menyeret korban lalu menganiaya.
Isu penculikan anak menyebar dalam satu pekan terakhir di sebagian besar daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain menyebar melalui pesan pendek (SMS), informasi tersebut juga beredar melalui selebaran yang dibagikan ke sejumlah sekolah. Selebaran disebut berasal dari Palu, Sulawesi Tengah.
Kalangan orangtua di Makassar pun dibuat resah. Bahkan, ratusan warga mendatangi Kepolisian Sektor (Polsek) Makassar dan Manggala menyusul isu pengangkapan pelaku penculikan.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta Kapolda  Sulsel Irjen Polisi Johny Wainal Usman untuk mengusut peyebaran SMS dan selebaran tersebut.   
Wajah Hancur
Wajah korban yang dituding sebagai penculik anak-anak hancur. Darah segar keluar dari seluruh wajah dan beberapa tubuhnya akibat dikeroyok massa.
Jenazah sedang diautopsi oleh tim Biddokkes Polda Sulsel di RS Bhayangkara, Jl Mappaouddang, Makassar.
Diteriaki Penculik
Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, mobil Avansa warna hijau muda metalik itu dicegat setelah ada teriakan bahwa mobil tersebut digunakan menculik anak-anak. Spontan, warga setempat langsung mencegat mobil tersebut.
Begitu mobil berhasil diberhentikan, spontanitas warga menghancurkan mobil dan menyeret penumpang yang ada di dalamnya. Satu orang tewas setelah dihakimi warga dan seorang lainnya berhasil diselamatkan dalam kondisi luka parah.
Mobil yang sudah hancur nyaris dibakar massa. Beruntung polisi dari Polsek Bontomarannu dan Polres Gowa yang tiba di lokasi berhasil menenangkan warga sehingga urung membakar mobil yang ringsek berat.
Beberapa warga yang coba dimintai keterangan enggan menyebut identitas dan tidak ingin berkomentar banyak. Namun, infomasi yang berhasil diperoleh Tribun dari berbagai sumber di TKP, mobil itu disebutkan sudah dikejar sejak dari arah Pattiro, Desa Mangempang, Kecamatan Bungaya.
Beberapa warga menyebut dalam mobil tersebut ada korban penculikan namun hingga saat berita ini diturunkan, korban tersebut belum diketahui keberadaannya. Informasi lainnya, mobil tersebut diburu setelah mencoba menculik salah seorang warga di Bungaya.
Namun, saat akan dinaikkan di mobil, warga keburu melihat dan melakukan pengejaran. Mobil itu pun disebutkan sebagai kendaraan yang digunakan penculik sehingga dengan cepat informasi beredar baik melalui telepon hingga pesan pendek.
"Warga spontan melakukan pelemparan terhadap mobil tersebut setelah ada teriakan bahwa mobil itu yang digunakan penculik anak-anak. Warga yang mendengar teriakan itu langsung  melempari mobil dan menjadi sasaran amuk warga," kata salah seorang warga.
Kabar lain menyebutkan, isu aksi penculikan juga sudah terjadi di Gowa diduga menjadi salah satu penyebab amuk massa tersebut. Warga cemas dan dengan cepat merespon dan bertindak jika ada yang mencurigakan.
Belum Jelas
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gowa AKBP Totok S Lisdiarto yang ditemui di TKP mengatakan, informasi yang diperoleh warga sehingga bertindak brutal karema ada saksi penculikan anak di Manuju.
"Informasi dari Manuju yang berkembang ada penculikan anak yang dikejar sampai di sini, tertangkap di sini dan dihakimi massa. Itu baru informasi dari masyarakat. Kami akan buktikan apa betul terjadi penculikan atau tidak," jelas Totok yang baru meninggalkan TKP setelah massa bubar.
Menurutnya, untuk sementara di wilayah Gowa belum ada laporan penculikan anak-anak. Namun pihaknya akan menyelidiki untuk menenangkan masyarakat.
"Mudah-mudahan ini bisa terungkap semuanya. Kami minta masyarakat untuk tidak berbuat anarkis dan untuk isu penculikan itu, kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Mudah-mudahan masyarakat bisa tenang menghadapi isu-isu tentang penculikan akan yang sekarang ramai," jelas jelas mantan Kapolresta Makassar Timur ini.
Totok mengungkapkan, untuk kasus ini, korban meninggal satu orang dan satu luka parah. Terkait informasi masyarakat adanya seorang perempuan dalam kendaraan itu masih diselidiki keberadaannya.
Informasi tersebut, kata Totok, masih dari masyarakat yang dikumpulkan personelnya di lapangan. Motif terjadinya  penghakiman ini juga masih diselidiki.
"Informasi yang kita dapat itu belum bisa dipastikan kebenarannya, Itu semua masih informasi dari masyarakat. Nanti setelah saksi korban yang luka-luka dimintai keterangan baru kita ketahui. Kita akan bicara fakta, nanti kalau sudah pasti baru akan kita sampaikan," tegas Totok.
Sementara itu, informasi yang berkembang di Polres Gowa, korban meninggal bernama Agus, salah seorang pengusaha pupuk di Kabupaten Bulukumba. Sementara korban luka yang berhasil diamankan disebut bernama Mul, mantan anggota Polri yang pernah bertugas di satuan brimob.
Kejadian yang menghebohkan warga itu sempat membuat lumpuh Jl poros Malino hingga beberapa jam. Kemacetan panjang terjadi hingga lima kilometer.
Ratusan warga tetap berkumpul di pinggir dan badan jalan lokasi mobil dihancurkan. Sekitar pukul 18.00, warga baru bubar setelah mobil Avansa yang sisa rangka dijemput mobil polisi.
Provokasi
Secara terpisah, Kapolsek Makassar AKP Syaiful Alam dan  Kapolsek Tallo AKP Ahmad Maryadi menyikapi isu yang beredar dikalangan masyarakat yang menimbulkan keresahan dan ketakutan melaui via telepon.
Menurut Syaiful, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berkumpul di depan kantornya dengan pengeras suara bahwa isu tersebut tidak benar, tetapi sebagian pihak masyarakat yang tidak percaya tetap memaksa ingin melihat pelaku.
Ia juga mengimbau kepada masyarakat Makassar agar tidak termakan isu via SMS dan selebaran yang tidak bertanggung  jawab yang sifatnya memprovokasi. "Belum ada korban dan pelaku." jelasnya
Sedangkan Ahmad Maryadi menilai adanya modus pencurian terbaru dengan beredarnya isu tersebut. Ada pihak yang memanfaatkan keresahan warga yang kemudian meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.
Hal ini membuka peluang bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksinya. "Masyarakat harusnya mengkonfirmasi polisi ketika mendapatkan isu yang bersifat provokasi seperti itu." katanya.
Bone
Isu penculikan anak dan penjualan organ tubuh ternyata juga beredar luas di Kabupaten Bone. Isu ini juga meresahkan warga.
Hal ini diungkapkan salah seorang warga Kelurahan Macege, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Nursidar, kepada Tribun, tadi malam.
"Kami ini dibuat resah oleh isu tersebut. Katanya ada orang yang mau memotong leher anak-anak," ungkapnya.
Akibatnya sejumlah orangtua melarang anaknya bepegian atau keluar rumah.
Gara-gara beredar isu penculikan anak di Makassar, warga juga mendatangi Polsekta Makassar di Jl Kerungkerung dan Polsekta Manggala di Jl Lasuloro, Antang.
Isu lain yang beredar bahwa pelakunya ditangkap dan saat ini diamankan di kedua polsek tersebut. Hasniah, warga Perumnas Antang, langsung mendatangi Polsekta Manggala setelah mendengar isu pelaku penulikan ditangkap.
"Saya sedang baring tapi tiba-tiba ada tetangga yang bilang  kalau ada penculik anak yang ditangkap. Saya khawatir jika anak saya yang SMA ditangkap," kata Hasniah di Mapolsekta Manggala.
Kapolsekta Manggala, AKP Ridwan, meminta kepada warga untuk tidak percaya terhadap isu tersebut.
"Yang sebar itu isu adalah provokator. Jangan percaya. Tadi malam saya juga dapat isu seperti itu," jelas Ridwan.
Kapolda Sulsel melalui Kabid Humas, AKBP Muhammad Siswa mengatakan bahwa sejumlah petugas intel telah disebar ke berbagai kabupaten untuk melacak pelaku penyebar isu.
"Kasus ini sudah meresahkan warga. Kami kasihan kepada pemilik kendaraan yang mirip dengan yang disebut dalam selebaran gelap bisa-bisa yang orang yang tidak bersalah jadi korban," jelas Siswa.(cr1/cr9/ute)
Imbauan Kadis
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Mahmud BM, mengimbau seluruh kepala sekolah dan guru di Kota Makassar tidak meninggalkan sekolah jika masih ada siswa yang belum pulang.
Imbauan ini terkait beredarnya SMS berantai mengenai komplotan penculik yang mengincar anak-anak sekolah.
"Informasi soal penculik itu benar-benar meresahkan orang tua siswa. Selaku kepala dinas, saya sudah mengimbau kepala sekolah dan guru khususnya SD agar jangan dulu meninggalkan sekolah jika masih ada siswa yang belum pulang atau dijemput orang tuanya," kata Mahmud.
Selain itu, Mahmud juga mengimbau orang tua siswa untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya dengan tetap mengantar anaknya ke sekolah.
"Kepada orang tua siswa untuk tetap waspada. Lebih mengantisipasi sebelum benar-bener terjadi. Meskipun informasi yang masuk, sms soal komplotan penculik ini sebatas isu," kata Mahmud.
Terpisah, Ketua Komisi D DPRD Kta Makassar, Nasran Mone, juga berharap dinas pendidikan mengantisipasi munculnya isu penculikan yang sasarannya anak sekolah ini.
"Karena jika tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan kekhawatiran orang tua siswa dan bisa berdampak pada sistem pembelajaran di sekolah," kata legislator Partai Golkar Makassar ini.
Dua legislator Makassar, Erna Amin (PDK) dan Andi Nurmiati (Hanura),  menyatakan berhati-hati sejak isu penculikan ini beredar. "Saya selalu mengontrol saat anak pergi dan pulang sekolah," kata Erna yang juga istri Ketua PDK Sulsel, Adil Patu.

* Bojonegoro (Jatim): Orangtua murid sekolah TK dan SD di Bojonegoro resah menyusul isu penculik anak-anak berkeliaran menggunakan mobil Suzuki APV silver. Isu menyebar via SMS
* Jember (Jatim): Beredar isu pemenggalan anak-anak. Tiga pria yang menggunakan mobil Daihatsu Xenia nyaris dihakimi massa. Beruntung mereka berhasil kabur
Agustus:
* Tangerang: Ribuan warga mengepung rumah milik seorang Ketua RT di Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Tangerang karena mengamankan seorang wanita yang diisukan akan menculik anak-anak di wilayah itu
November 2010
* Riau: Isu penculikan dan penjualan organ tubuh anak-anak juga menyebar di sejumlah kabupaten/kota di Riau.
2011
Januari
* Gorontalo: Masyarakat resah dengan isu gerombolan penculik anak-anak untuk mengambil organ tubuh korban. Isu menyebar melalui SMS dan berkembang dari mulut ke mulut.
* Palu: Informasi penculikan berkembang di hampir semua kabupaten/kota di provinsi ini. Bahkan, korbannya bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Selain melalui SMS, juga beredar selebaran mewaspadai kasus penculikan dengan kop Polresta Palu
 Februari
* Makassar: Isu penculikan anak membuat ratusan warga mendatangi Polsek Makassar dan Polsek Manggala. Selebaran penculikan anak beredar di sejumlah sekolah
* Gowa: Seorang tewas dihakimi massa karena diduga pelaku penculikan. Mobil korban juga dirusak massa, bahkan nyaris dibakar 
* Isu penculikan juga beredar luas di wilyah Parepare, Pinrang, enrekang, bone dan Sidrap. Namun tak pernah ada korban penculikan yang dilaporkan ke polisi .

Sumber : http://diaryrhyfhad.blogspot.com/2011/02/isu-penculikan-anak.html

Opini : jaman sekarang banyak sekali modus yang di gunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan tindak kriminal ,termasuk modus penculikan yang beraneka ragam .menurut saya ,lebih baik kita berjaga-jaga dan tetap mewaspadai ,apalagi terhadap orang yg baru di kenal .jangan mudah percaya pada orang yg baru kenal ,mungkin saja orang tersebut menyimpan maksud lain kepada anak anda / bahkan anda sendiri .

3 komentar:

  1. Today many occur kasu cases of disappearance in various ways and motinya.
    togel singapura

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik Gan!!!

    Buruan Gabung Sekarang Juga dan Dapatkan Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya Hanya di judi poker

    BalasHapus
  3. Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    raja poker

    BalasHapus